KONUT,SENTILNEWS.COM-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs. Asrun Lio, M.Hum., P.hD. membuka Acara Malam Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sultra di Kantor Bupati Konawe Utara, Jumat malam, 21 Juni 2024.

Acara dimulai dengan santap malam bersama oleh seluruh tamu undangan yang dihibur dengan nyanyian religi oleh pengisi acara.

Hadir dalam acara tersebut mewakili Pj. Bupati Buton, Asisten Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Buton, Alimani, SSos, MSi bersama kepala OPD terkait.

Image
Pembukaan Acara Malam Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sultra di Kantor Bupati Konawe Utara, Jumat malam, 21 Juni 2024.

Dalam sambutannya Sekda Provinsi yang sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sultra mengharapkan acara tersebut dapat menjadi sarana silaturahmi dan persaudaraan antar kabupaten/kota.

“Diharapkan melalui Acara Malam Taaruf dimana kafilah MTQ yang datang dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara bertemu dan bertarap muka langsung dapat menjadi momentum ikatan silaturahmi sebagai sesama warga masyarakat Sulawesi Tenggara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harapnya.

Sekprov mengatakan Acara Malam Taaruf menjadi bagian yang menunjukkan bahwa MTQ tidak hanya sebagai ajang perlombaan tetapi banyak manfaat yang lainnya.

“Pelaksanaan Malam Taaruf ini menjadi bagian penting dari MTQ dan menjadi bukti nyata bahwa MTQ tidak hanya sebatas perlombaan akan tetapi banyak nilai yang terkandung dalam MTQ termasuk bagian dari upaya membangun kerukunan dan keharmonisan di tengah masyarakat,” ucapnya.

Image
Sekda Sultra Drs. Asrun Lio, M.Hum., P.hD menyerahkan Piala Bergilir MTQ Prov. Sultra dari Kabag Kesra Kendari sebagai Juara bertahan kepada Ketua LPTQ Sultra kemudian diserahkan kepada Tuan Rumah yang diwakili oleh Wakil Bupati Konawe Utara.

Di kesempatan yang sama Bupati Konawe Utara yang diwakili Wakil Bupati Konawe Utara Abu Haera, S.Sos., M.Si. menyampaikan Malam Taaruf bukan sekadar acara rutinitas namun merupakan momen istimewa yang mempertemukan para qori dan qoriah terbaik dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Acara ini bukanlah hanya ajang untuk menunjukkan kemampuan dalam membaca Al-Quran tetapi lebih dari itu aia adalah ajang memperkuat tali silaturahmi, meningkatkan kecintaan kita kepada Al-Quran sebagai petunjuk hidup, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan umat Islam di tengah-tengah tantangan zaman yang terus berkembang,” katanya.

Wabup Konut menjelaskan Kabupaten Konawe Utara yang berusia 17 tahun memiliki banyak potensi wisata, budaya, dan ekonomi serta sumber daya alam yang melimpah membuat Kabupaten Konawe Utara menjadi destinasi wisata lokal maupun mancanegara.

“Saya berharap dari Konawe Utara ini akan lahir qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah, mufasir dan mufasiroh yang bisa berprestasi dia kang lebih tinggi bisa mewakili Sulawesi Tenggara hingga tingkat nasional,”harapnya.

Image
pelantikan para Dewan Hakim MTQ yang dilakukan oleh Sekda Prov. Sultra yang juga sebagai Ketua LPTQ Sultra.

Acara tersebut dirangkaikan dengan pelantikan para Dewan Hakim MTQ yang dilakukan oleh Sekda Prov. Sultra yang juga sebagai Ketua LPTQ Sultra.

Kemudian dilakukan juga penyerahan Piala Bergilir MTQ Prov. Sultra dari Kabag Kesra Kendari sebagai Juara bertahan kepada Ketua LPTQ Sultra kemudian diserahkan kepada Tuan Rumah yang diwakili oleh Wakil Bupati Konawe Utara. (Adm)