BUTON,SENTILNEWS.COM-Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton menggelar Pelatihan Tata Naskah dan Kearispan serta Kehumasan bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Buton pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton Tahun 2024, di Holtel Buton Raya, Minggu, 21 Juli 2024.

Pelatihan yang dibagi 3 sesi itu menghadirkan pemateri, Reny Krisnah, S.Si.

Kepala Bidang Pengelola Arsip yang membawakan meteri kerasipan, H. Abudl Rais, SP, Staf Ahli Bupati Buton, Bidang Pemerintahan memberikan materi Tata Naskah, dan Alimuddin Matu, SPd, MSi, Plt. Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton, memaparkan tetang Peran Kehumasan bagi Panwascam pada Pilkada Serentak di Kabupaten Buton.

Fungsi kehumasan sangat strategis dalam pengawasan pemilu sebab, selain media informasi juga sebagai edukasi bagi pemilih dan mitra strategis lainnya, sebab disadari Bawaslu termasuk Panwaslu Kecamatan yang merupakan garda terdepan membutuhkan kemitraan yang kuat dengan seluruh stakehorders dalam rangka mengawasi tahapan Pilkada serentak 2024. Disinilah peran strategis kehumasan sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas,” kata Alma sapaan Akrab Alimuddin Matu.

Dikatakannya, Humas Bawaslu kabupaten Buton tidak hanya berjalan sendiri tetapi humas juga harus bersinergi dengan media massa yang tidak terpisahkan karena saling memberikan informasi secara transparan kepada publik baik data maupun informasi terkait pemilihan yang akan di laksankan pada 27 November 2024 mendatang.

“Publikasi Bawaslu dapat juga memanfaatkan media sosial yang sarana sosialisasi sekaligus upaya optimalisasi penyebaran informasi mengenai pengawasan dan penyelenggaraan tahapan Pemilu dan pemilihan tahun 2024,” katanya.

Humas Bawaslu kata Alma Humas pemerintah diharapkan dapat menyatakan atau memverifikasi berita bohong yang ditayangkan oleh situs, media massa atau sejumlah oknum yang tak bertanggungjawab yang meresahkan masyarakat, terutama menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

“Salah satu cara untuk menanmgkal Hoaks adalah Jangan menelan mentah-mentah informasi yang ditemukan di internet. Pelajari setiap informasi yang didapat dari internet, lakukan cross check dengan mem- baca informasi serupa dari situs lain . Dengan demikian Anda akan lebih paham mana informasi yang bermanfaat dan mana yang menyesatkan.