BUTON,SENTILNEWS.COM-Enam pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Buton yang telah mendaftar ke KPUD Kabupaten Buton, mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Laburunci, Buton, Sabtu (31/8/2024).

Enam paslon yang dijadwalkan menjalani tes pemeriksaan kesehatan di antaranya

1.Dr. Bere Ali, M.Si dan LM. Sumarlin, S.E.

2.Drs. La Bakry dan Aris Marwan Saputra,SH.

3.Syaraswati Samiun dan Rasyid Mangura.

4.Drs Basiran dan La Ode Rafiun, S.Pd.

5.Alvin Akawijaya Putra, SH dan Syarifudin Saafa, S.T.

6.H. La Ode Nane - dan H Akalim.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton, Rahmatia, menyampaikan, bahwa tahapan pemeriksaan kesehatan ini untuk melengkapi berkas pendaftaran yang telah disampaikan sebelumnya. Nantinya hasil Medical Check Up tersebut akan dituangkan dalam persyaratan administrasi.

“Hasil dari seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan ini akan menjadi salah satu faktor penentu kelayakan para calon untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam Pilkada 2024. Semoga proses pemeriksaan ini berjalan lancar sehingga para calon dapat melalui seluruh tahapan dengan baik dan transparan,” Terangnya.

Pemeriksaan kesehatan di RSUD Buton ini di jadwalkan berlangsung selama dua hari, sejak tanggal 31 Agustus sampai 1 September besok, tujuannya untuk memastikan kondisi fisik dan mental para calon dalam keadaan prima.

Rahmatia melanjutkan, Pada hari ini difokuskan pada Pemeriksaan Gula Darah, pemeriksaan Bedah, pemeriksaan Jantung, pemeriksaan Saraf, Pemeriksaan MMPI oleh Spesialis Jiwa dan memastikan para calon bebas dari penyalahgunaan Narkoba.

“Kemudian 1 September besok Pemeriksaan Psikologi oleh Psikolog Klinis dan Kesehatan Jiwa Kesehatan Jiwa oleh Spesialis Jiwa, Psikotes dan terkahir tahapan wawancara,”Paparnya.

Selama pemeriksaan kesehatan berlansung, terlihat juga perwakilan partai pengusung dari setiap pasangan calon yang hadir untuk memberikan dukungan moral, Kehadiran mereka menegaskan dukungan penuh kepada calon-calon mereka dalam menjalani tahapan krusial ini.