KENDARI,SENTILNEWS.COM-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi mewakili Pj. Bupati Buton mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Luar Biasa Bank Sultra Tahun Buku 2023. Giat yang dibuka langsung Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, MHum, PhD mewakili Pj. Gubernur Sultra digelar di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Kamis, 27 Juli 2024.

RUPS dan RUPS LB tersebut dihadiri seluruh Bupati/Walikota se-Sultra sebagai bagian dari pemegang saham Bank Sultra serta pejabat terkait lainnya.

Sekda Sultra membuka RUPS dengan mengecek kehadiran para pemegang saham yang disetujui oleh Notaris. Dan semua pemegang saham hadir 100 persen.

Image
Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, MHum, PhD mewakili Pj. Gubernur Sultra membuka Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Luar Biasa Bank Sultra Tahun Buku 2023 yang digelar di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Kamis, 27 Juli 2024 (foto : Ajumasir /Kominfo )

Dalam RUPS tersebut para pemegang saham menndegarkan penjelasan Komisaris Utama Bank Sultra, Suhud.

Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan sesuai ketentuan dan perundangan yag berlaku, Pertama RUPS Tahunan, wajib diadakan dalam jangka waktu paling lambat bulan setelah tahun buku berakhir. Regulasi juga menyatakan bahwa Direksi menyampaikan Laporan Tahunan kepada RUPS yang memuat Laporan Keuangan, Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pelaksanaan CSR.

Untuk itu Sekda meminta pada Komisaris untuk terus meningkatkan pengawasan agar Bank Sultra tetap pada ketentuan yang berlaku. Jajaran Komisaris harus mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang berlaku juga untuk pada jajaran Direksi.

“Berdasarkan data, tahun 2023 Perbankan Nasional secara umum telah berperan aktif dalam menyalurkan kredit sehingga berkontribusi positif secara surplus neraca perdagangan dan pemulihan ekonomi Indonesia. Dengan kondisi tersebut kinerja Bank Sultra berhasil meningkatkan laba usahanya secara optimal di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat,” kata Sekda.

Pencapaian ini, lanjut Mantan Kadis Pendidikan Sultra diharapkan menjadi motivasi bagi Bank Sultra untuk terus berbenah dan berkembang lebih baik lagi di masa depan. Trend laba yang dihasilkan dalam 5 tahun terakhir menunjukkan peningkatan yang konsisten yang mencerminkan kondisi bank yang sehat dan kinerja yang berkelanjutan.

Image
Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, MHum, PhD mewakili Pj. Gubernur Sultra bersama seluruh Bupati/Walikota se-Sultra, dan seluruh para Pimpinan Cabang Bank Sultra, pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Luar Biasa Bank Sultra Tahun Buku 2023 yang digelar di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Kamis, 27 Juli 2024. (foto : Ajumasir /Kominfo )

Bank Sultra menjalankan fungsinya secara optimal termasuk dalam pengelolaan dana pemerintah daerah, mendukung pembangunan infrastruktur serta mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara. Kinerja yang baik dari Bank Sultra akan menghasilkan laba yang kembali ke daerah dalam bentuk deviden yang pada akhirnya akan memperkuat pendapatan asli daerah.

Sementara itu, Laporan Pertanggungjawaban Komisaris dan Direksi PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara tahun buku 2023 disampaikan Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif, SPi

Setelah RUPS ditutup dilanjutkan dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa di tempat yang sama dipimpin langsung Sekda Provinsi Sultra.

RUPS juga dihadiri seluruh Pimpinan Cabang Bank Sultra