BUTON,SENTILNEWS.COM- Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-48 tingkat Kabupaten buton Tahun 2024, Selasa (16/04) dilaksanakan Pawai Taaruf, Pawai dimulai dari Lapang Pasarwajo  dan berakhir di Lapangan Banabungi. 

Pawai dimulai sekitar pukul 09.00 wita dan di lepas oleh Asisten 1 Setda Buton Alimani S.Sos dan di terima oleh Sekda Buton.

Ribuan peserta perwakilan dari 7 kecamatan , ikut memeriahkan dan mengikuti pawai di sepanjang  lapangan pasarwajo hingga lapangan banabungi.

Selain dari 7 khafilah dari 7 kecamatan, pawai juga di ikuti oleh sejumlah OPD di lingkup pemerintah kab. Buton. 

Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, M,Si,  menyampaikan apresiasi serta dukungan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan MTQ.

Image
Pawai Ta'aruf kecamatan Wabula

"kepada masyarakat kabupaten buton, khususnya masyarakat kecamatan pasarwajo untuk menyambut kegiatan ini dengan baik, meningkatkan Kembali nilai nilai islami dan bacaan Quran kita",ucapnya. 

kegiatan MTQ  harus dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan persaudaraan,  persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten buton 

"Harapannya semua peserta dapat  menampilkan yang terbaik, dan yang menang kita akan kirim ke  MTQ tingkat provinsi di konawe nantinya", tutupnya.

Sementara itu Ketua Panitia MTQ ke 48 Alimani S.Sos M.Si menyampaikan MTQ kali ini, di ikuti oleh 7 kecamatan, yang dilaksanakan hingga tanggal (19/4/2024). Selama Empat hari kedepan, para kontingen akan berlaga dalam tujuh cabang lomba.

Image
Pawai Ta’aruf kantor kementrian Agama kab. Buton

Mulai dari Cabang Tartil, Tilawah, Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 30 Juz, Musabaqah Syahril Quran (MSQ), dan Qira’ah Sab’ah. Semuanya terbagi dalam dua kategori, putra dan putri, juga ditambah tingkatan anak-anak dan remaja.

Alimani menambahkan, kegiatan MTQ ini, dilakukan secara berjenjang. Para peserta di tingkat kabupaten ini, adalah para pemenang yang berasal dari MTQ tingkat Kecamatan yang diikuti oleh perwakilan masing-masing desa/ kelurahan.

“Mari manfaatkan momentum ini untuk mengasah kemampuan sehingga bisa menjadi bekal, tidak hanya dalam perlombaan tapi juga dalam kehidupan,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan, MTQ menjadikan sebagai ajang untuk mendakwahkan Alquran kepada generasi milenial. Ajak teman-teman kalian untuk belajar Quran juga. Dia juga menegaskan peserta lomba semua berasal dari putra dan putri lokal bukan luar daerah, kalaupun dari luar namun mereka orang Buton yang tinggal diluar Daerah saat ini.

Image
Marching Band Gita Takawa Butuni ikut memeriahkan Pawai Ta’aruf MTQ

Amatan Sentilnews.com, saat pawai taaruf, berlangsung meriah,  masyarakat memadati pinggir jalan rute pawai, juga dimeriahkan oleh marching band Gita Takawa Butuni , tari-tarian, menampilkan dua buah lagu Mars MTQ dan lagu reliji “Rahmatan Lil’Alamin”.

Hadir saat kegiatan Kepala Kantor Kementrian Agama Kab.Buton H Muhtar S.Ag, Kajari Buton VM Ledrik Takaendengan, Muspida, Asisten 1 Alimani, Asisten II, Staf Ahli, Para Kadis, Kabid.