BUTON,SENTILNEWS.COM- Untuk menanggulangi dan mengantisipasi dampak inflasi daerah, Pemerintah Kabupaten Buton melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan benih hortikultura dan pupuk kepada para petani di Kabupaten Buton.

Bantuan benih dan pupuk itu diserahkan secara simbolis oleh Pj. Bupati Buton, La Haruna SP. MSi kepada Kepala Dinas Pertanian Ma’mul Djamal, S.P., M.Si. saat mengikuti Rakor Inflasi di Ruang Rapat VIP Bupati Buton , Selasa (04/6/24)

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal, S.P., M.Si menjelaskan penyerahan bantuan secara simbolik tersebut berupa penyerahan benih holtikultura dan pupuk yang diperuntukkan untuk penanggulangan Inflasi Daerah.

Ia melanjutkan, penerima manfaat tersebut terfokuskan pada daerah-daerah lokus Stunting dengan jumlah kelompok tani sebanyak 115 kelompok tani dengan jumlah porsenil sekitar 1.839 orang.

Image

Hal ini perlu ditingkatkan agar menyentuh sehingga bukan hanya di lokus Stunting tetapi semua kelompok-kelompok tani yang bisa digunakan di pemanfaatan pekarangan sehingga kebutuhan dan asupan gizi masyarakat bisa secara langsung dari kelompok tani sehingga masalah inflasi di masyarakat bisa teratasi dan dapat menanggulangi Stunting dalam hal ini Kabupaten Buton dapat menghadapi kemiskinan ekstrim yang menjadi permasalahan di Indonesia.

Jadi bantuan yang diserahkan disebarkan di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Buton terurai dengan komoditas berupa Aneka Cabai, Jagung Manis, Tomat, Bawang Merah, Pupuk dan Polibag.

Berdasarkan data Total penerimaan bantuan untuk kecamatan Kapontori berjumlah 25 Poktan 425 Anggota, Kecamatan Lasalimu Selatan 10 Poktan 150 Anggota, Kecamatan Lasalimu 13 Poktan 195 Anggota, Kecamatan Pasarwajo 27 Poktan 405 Anggota, Kecamatan Siotapina 32 Poktan 544 Anggota, Kecamatan Wolowa 8 Poktan 120 Anggota sehingga jumlah total 115 Poktan 1.839 Anggota dalam Komoditi Aneka Cabai, Jangung Manis, Tomat, Bawang Merah, Pupuk dan Polibag.

Sementara itu Pj. Bupati Buton pada kesempatan itu menyampaikan pemberian bibit Holtikultura dan Pupuk merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap petani.

Image

Pj. Bupati Buton menambahkan, pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu cara yang dapat memberikan dampak dalam pengendalian inflasi dan permasalahan lainnya.

Ini merupakan salah satu Langkah konkret yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan infkasi di Kabupaten Buton.

“Saya berharap para petani dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya. Semoga bantuan bibit dan pupuk ini dapat meningkatkan hasil tanaman mereka,” tandasnya