BUTON,SENTILNEWS.COM-Pj. Bupati Buton menghadiri pesta adat Pidoaano Kuri masyarakat Wabula dengan tujuan dapat memperkuat program destinasi wisata khususnya di Kecamatan Wabula, dan dirangkaikan dengan peresmian mesjid Nur Muhammad Wabula, Kecamatan Wabula, Minggu, 21 Juli 2024.

Pesta adat Pidoaano merupakan salah satu upacara adat yang penting bagi masyarakat Wabula. Pidoaano sendiri adalah bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil bumi dan laut yang melimpah.

Pesta adat Pidoaano di masyarakat Wabula pada tahun 2024 memiliki potensi besar untuk memperkuat program destinasi wisata di Kecamatan Wabula.

Image
sala satu tokoh adat wabula saat menampilkan ritual tarian adat wabula

Pesta Adat dapat menjadi alat untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan budaya lokal kepada wisatawan berupa tari-tarian, dan musik tradisional.

Pesta adat Pidoaano Kuri dirangkaikan dengan peresmian Masjid Nur Muhammad Wabula oleh Pj. Bupati Buton La Haruna S.P,. M.Si bersama Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi, Anggota Forkopimda Kabupaten Buton, Anggota DPRD Kabupaten Buton, Para Staf ahli, Asisten, kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Anggota Forkopimcam Wabula, Camat Wabula, Kepala Desa Wabula dan Para tokoh adat juga tokoh agama.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Buton La Haruna S.P,. M.Si mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Buton, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada seluruh masyarakat Wabula terkhusus kepada pengurus, panitia pembangunan serta pihak-pihak lainnya atas kerja kerasnya selama ini, baik berupa pikiran, tenaga dan materi, sehingga dapat merampungkan bangunan masjid Nur Muhammad Wabula yang megah ini.

Image

“Kami yakin, pembangunan masjid ini merupakan bukti kecintaan masyarakat wabula kepada masjid, sehingga dengan kecintaan dan keterkaitan hati kita yang tak terpisahkan dengan masjid ini kelak kita akan mendapatkan tasilitas dan perlindugan dari Allah SWT,” katanya.

Pj Bupati mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama membangun dan memakmurkan masjid merupakan perintah agama, bahkan rasulullah saw telah memotivasi kita dalam sebuah haditsnya barang siapa membangun masjid karena allah, akan dibangunkan allah rumah untuknya di surga.

Kadis Perkebunan dan Holtikultura Provinsi Sultra ini berharap masjid yang telah kita bangun ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai tempat menanamkan nilai-nilai kebajikan kemaslahatan umat manusia.

Image
Pj. Bupati Buton La Haruna S.P,. M.Si, meresmikan mesjid Nur Muhammad Wabula, Kecamatan Wabula, Minggu, 21 Juli 2024.

Ia juga menyampaikan kepada masyarakat Wabula selain sebagai tempat ibadah juga ia harap mesjid ini dapat pergunakan sebagai pusat pendidikan keagamaan yakni diisi dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan seperti sholat, zikir, dan kegiatan membaca al quran sehingga dapat meningkatkan SDM masyarakat dibidang ekonomi dan dapat mewujudkan generasi yang Soleh dan Sholeha.(Adm)