BUTON,SENTILNEWS.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Tahun 2024, kepada para Liaison Officer (LO), di Aula Kantor KPUD Buton, Selasa, 3 September 2024.

Penyerahan ini di hadiri oleh, Ketua dan Anggota KPU Buton, Komisioner Bawaslu Buton, serta para Liaison Officer (LO) masing masing pasangan bakal calon.

Dalam keteranganya Ketua KPU Buton, Rahmatia, menyampaikan Setelah tadi kami rapat pleno dan melihat hasil yang di rekomendasikan oleh Rumah Sakit ke KPU, kami melakukan penetapan dan rekomendasi hasil Pleno dan kami telah tetapkan dalam berita acara yang sebentar lagi akan kita diserahkan kepada pasangan calon melaui para Liaison Officer (LO) masing masing pasangan bakal calon.

“Jadi hari ini sebatas penyerahan, kita belum bisa umumkan siapa yang memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, karena penetapannya nanti tanggal 5 September,” Kata Ketua KPU Buton, Rahmatia.

Dokumen yang di serahkan hari ini menjadi sala satu syarat untuk di upload ke Silon.

“Nanti Tanggl 5 September baru kita umumkan, sesuai hasil verfikasi administrasi dan gabungan hasil pemeriksaan kesehatan,” Terangnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Buton, Maman SH, menyampaikan tolong di perhatikan semua syarat syarat yang menjadi kelengkapan dokumen yang di upload ke Silon.

“Ini menjadi penting karena waktu masa perbaikan itu terbatas, sehingga dari sekarang sudah di cari dokumen apa saja yang harus di selesaikan,”Terangnya.

Seperti Ijazah Pendidikan, SKCK, syarat-syarat keterangan dari pajak, termasuk pengadilan yang menyatakan pailit itu harus sudah di selesaikan.

Di hadapan para (LO) pasangan calon, maman, mengingatkan Tolong di baca semua regulasinya mulai dari Per-KPUnya sampai per-Bawaslunya supaya tidak ada yang terlewatkan.

“Kita berharap semua persoalan-persoalan yang menjadi kendala kita selalu di koordinasikan ke Operator KPU, karena mereka yang tangani ini secara teknis, mumpung masih diberi waktu jadi dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,”Harapnya.

Sebelumnya sekitar pukul 10.30 Wita, pihak Rumah sakit Umum Daerah Kabupaten Buton dan perwakilan Badan Narkotika Nasional Kota Baubau, menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada KPU Kabupaten Buton di sala satu rumah makan yang terletak di kecamatan pasarwajo,Buton.