BUTON,SENTILNEWS.COM-Polres Buton Polda Sultra laksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024, apel tersebut juga dalam rangka persiapan personal dalam pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024 di wilayah hukum Polres Buton. Rabu (22/08/24)

Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen, SH.,SIK.,MI Kom dilapangan lakarada, kecamatan Batauga, Buton Selatan. Polres Buton bakal menerjunkan 1.003 personel gabungan, terdiri TNI POLRI dan linmas 360.

Kapolres Buton AKBP Rudy Silaen, SH.,SIK.,MI. Kom saat memimpin apel gelar pasukan menyampaikan, apel gelar pasukan dirangkai dengan simulasi peragaan Sispamkota, untuk menggambarkan eskalasi setiap tahapan dalam tahapan Pilkada. Mulai masa damai, penetapan pasangan calon (paslon), masa kampanye, pengamanan distribusi logistik pilkada, proses pungut dan hitung suara, hingga penetapan paslon terpilih.

“Sispamkota ini untuk mengantisipasi jika pada saat pelaksanaan pilkada ada hal-hal ataupun kegiatan, ataupun tindakan yang dapat mengganggu keamanan di wilayah Buton dan Buton Selatan,” kata Rudy Silaen

Dirinya menambahkan, dengan adanya simulasi ini, pihaknya berharap seluruh stakeholder dapat berperan sesuai tugasnya masing-masing. Selain itu, juga untuk mengecek kelengkapan dan kesiapan dari seluruh aparat yang akan melaksanakan pengamanan pilkada nanti, baik dari unsur TNI, Polri maupun dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan.

“Untuk kesiapan pengamanan Pilkada di Kabupaten Buton dan Buton Selatan kita siapkan sejumlah 1.003 personel, dengan rincian personel Polres Buton sebanyak 239, TNI 60 personel dan linmas sebanyak 704 personel dan meraka akan ditempatkan di kab. Buton dan Buton Selatan” tutur Kapolres

Diketahui, apel gelar pasukan hadiri dan diikuti oleh Bupati Buton Selatan, beserta jajaran Forkopimda, KPU, Bawaslu, tokoh agama dan tokoh masyarakat, personel Polres Buton, TNI, Sat Pol PP, BPBD, Dishub, Damkar dan Dinkes Kabupaten Buton Selatan (Adm)